Penerimaan TAMTAMA Polri April 2016
Loker Kalimantan Timur

Informasi Lowongan Kerja Kalimantan Timur

Penerimaan TAMTAMA Polri April 2016

Follow Us On :

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Tamtama Polri 2016/2017. Informasi ini ditujuka bagi anda yang ingin menjadi anggota Tamtama Polri / Brimob. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Polri atau Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan Kepolisian Nasional yang dimiliki Indonesia untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum di seluruh wilayah Indonesia. Dalam menjalankan tugasnya, Polri dipimpin oleh seorang Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Kepangkatan pada Polri terdiri dari pangkat tertinggi ke pangkat terendah yaitu Perwira, Bintara, dan Tamtama. Tamtama Polri memiliki nama lain yaitu Brimob.

Pada tahun ini, Polri kembali melakukan penerimaan Tamtama Polri / Brimob yang diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA, dan SMK jurusan tertentu.

Bagi anda yang telah memiliki cita-cita menjadi Tamtama Polri / Brimob, ini lah kesempatan anda. Silahkan daftarkan diri anda mengikuti prosedur yang telah ditentukan.

Ada banyak persyaratan yang harus anda penuhi ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi Tamtama Polri / Brimob. Persyaratan tersebut terdiri dari persyaratan umum dan persyaratan tambahan. Berikut informasi persyaratan selengkapnya.

Persyaratan Umum
  1. Warga Negara Indonesia (pria atau wanita)
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
  4. Pendidikan paling rendah SMA / Madrasah Aliyah / SMK
  5. Usia minimal 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri)
  6. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan)
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat
  8. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela
  9. Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.
Persyaratan Lain
  1. Berijazah minimal SMA/MA dan SMK dengan kriteria lulus, tidak termasuk :
    • SMK tata busana, tata kecantikan dan perhotelan
    • Programpendidikan kesetaraan paket A, paket B dan paket C
    • Bagi yang masih duduk di kelas 3 SMA/MA dan SMK menggunakan nilai rata-rata raport semester 1 (satu) setelah dinyatakan lulus, menyerahkan ijazah 
  2. Usia minimal 17 tahun 7 bulan pada saat buka pendidikan
  3. Tinggi badan minimal 165 cm dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku
  4. Belum pernah nikah, sanggup tidak menikah/kawin selama dalam pendidikan Tamtama Polri (Brimob) ditambah 2 tahun setelah lulus, belum pernah punya anak kandung/biologis
  5. Bersedia menjalani ikatan dinas pertama minimal selama 10 (sepuluh) tahun, terhitung mulai saat diangkat menjadi Tamtama Polri (Brimob)
  6. Memperoleh persetujuan dari orang tua / wali
  7. Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain
  8. Bersedia menandatangani pernyataan kesanggupan sebagai anggota Tamtama Polri (Brimob)
  9. Dinyatakan bebas narkoba dengan menyerahkan surat keterangan bebas narkoba dari instansi kesehatan pemerintah (RS Pemerintah atau Klinik BNN / BNP / BNK)
  10. Bagi yang memiliki prestasi di tingkat provinsi/nasional/internasional agar dilampirkan sertifikatnya untuk dijadikan pertimbangan dalam penentuan kelulusan
  11. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah negara kesatuan republik indonesia (NKRI) pada bidang tugas Brimob
  12. Mengikuti dan lulus pemeriksaan / pengujian dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut :
    • Pemeriksaan administrasi awal
    • Pemeriksaan kesehatan tahap I
    • Pemeriksaan dan ujian psikologi tertulis
    • Pemeriksaan kesehatan tahap II (termasuk Kesehatan Jiwa)
    • Ujian kesamaptaan jasmani
    • Pendalaman PMK (Penelusuran Mental Kepribadian)
    • Pemeriksaan administrasi akhir
    • Kegiatan supervisi di tingkat daerah oleh tim supervisi Panitia Pusat
    • Sidang terbuka kelulusan akhir
Selain persyaratan di atas, anda juga harus mendownload file persyaratan di website penerimaan.polri.go.id yang berbentuk word.

Itulah beberapa persyaratan pendaftaran Tamtama Polri / Brimob yang harus anda penuhi. Jika anda telah bisa memenuhi persyaratan di atas, maka selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran secara online. Berikut akan dijelaskan alur pendaftaran online.

Alur Pendaftaran Tamtama Polri / Brimob
  1. Silahkan buka alamat : penerimaan.polri.go.id
  2. Lalu klik tombol "daftar" atau pilih jenis seleksi yaitu Tamtama kemudian klik "Daftar"
  3. Selanjutnya isilah formulir pendaftaran tahap awal sampai selesai.
  4. Jika telah selesai mengisi formulir pendaftaran tersebut maka akan mendapatkan nomor registrasi dan password.
  5. Selanjutnya login kembali ke alamat penerimaan.polri.go.id menggunakan nomor registrasi dan password. Tombol login terletak dibagian atas sebelah kanan.
  6. Lengkapi biodata pendaftaran anda
  7. Ikuti proses pendaftaran hingga selesai
Itulah alur pendaftaran Tamtama Polri / Brimob yang dapat anda lakukan. Setelah anda melakukan pendaftaran, selanjutnya menunggu informasi berikutnya dari Polri atau dapat memantau infonya di web Polri.
Agar anda dapat mengontrol kegiatan penerimaan anggota Polri ini, maka anda perlu mengetahui jadwal pelaksanaannya. Berikut informasinya.

Jadwal Pelaksanaan Tamtama Polri / Brimob 2016
  • Pendaftaran dibuka mulai 7 April - 30 April 2016
Hal penting yang harus anda lakukan saat ini adalah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Anda bisa mempersiapkan diri secara fisik, misalnya jogging setiap sore untuk menjaga dan meningkatkan daya tahap diri anda.

Selain itu, anda dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan diri anda,misalnya kaki anda varises, maka harus diperbaiki sejak sekarang. Misalnya lagi, gigi anda berlubang atau tidak rata, maka anda harus segera memperbaikinya. Serta lakukan persiapan-persiapan lainnya.

Dengan persiapan yang telah anda lakukan secara maksimal, mudah-mudahan keinginan anda untuk bisa lulus seleksi bisa terwujudkan.

Seleksi Tamtama Polri / Brimob hanya dilakukan di tingkat daerah. Jika dinyatakan lulus, selanjutnya akan dikirim untuk mengikuti pendidikan di Pusdik Brimob.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Tamtama Polri / Brimob. Semoga informasi tersebut bisa membantu anda terutama yang ingin menjadi anggota Tamtama Polri.

No comments :

Post a Comment